Pada tanggal 3 Agustus 2022, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menggelar workshop dengan mengusung tema “Pengembangan Pembelajaran Case Method dan Team-Based Project”. Pada workshop kali ini, narasumber yang memberikan materi adalah Dr. Abdul Muin, S.Si., M.Pd. yang merupakan Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah. Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan Jurusan Pendidikan Matematika dalam pengembangan kurikulum dan sharing pengetahuan dengan dosen.
Workshop ini dibuka oleh Dr. Dase Erwin Juansah, M.Pd. selaku Dekan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dalam sambutannya, Dekan menekankan tentang besarnya peran FKIP bagi perkembangan UNTIRTA secara khusus dalam bidang pendidikan secara global. Selanjutnya Dr. Novaliyosi, S.Si., M.Pd. selaku perwakilan dari jurusan memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada Dr. Abdul Muin, S.Si., M.Pd. yang bukan merupakan orang asing bagi Jurusan Pendidikan Matematika, karena ini bukan merupakan kali pertama Dr. Abdul Muin, S.Si. M.Pd. bersentuhan dengan Jurusan dan pula sebaliknya.
Pemaparan materi dari Dr. Abdul Muin, S.Si., M.Pd. mengupas tentang karakteristik dari Case Method dan Team-Based Project dan kompatibilitas kedua metode pada pembelajaran pendidikan matematika. Diurai pula mengenai masalah yang kerap muncul pada penerapannya dan beberapa saran penanggulangan yang dapat dilakukan. Berkaitan dengan implementasi, perumusan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) menjadi aspek yang paling penting. Karena RPS karakteristik Objective-Based Education (OBE) dengan implementasi kedua metode pembelajaran memerlukan perlakuan khusus dalam perumusannya. Mengintegrasikan salah satu dari kedua metode pembelajaran dalam pembelajaran berciri OBE memberikan tantangan tersendiri.
Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan Dosen Jurusan dalam mengembangkan kurikulum OBE, membuat RPS untuk kedua metode, dan mengaplikasikan kedua metode di dalam kelas. Peningkatan kompetensi sosen ini dapat membawa Jurusan Pendidikan Matematika kian memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan Indonesia.