Profil Jurusan

Posted on

Selayang Pandang Jurusan Pendidikan Matematika

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Untirta telah berusia 21 tahun sejak berdirinya pada tahun 2002, yang diresmikan pada 17 Juni 2004 sesuai SK 2098/D/T/2004 yang ditandatangani oleh Satryo Soemantri Brojonegoro selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.

Periode Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untirta pada tahun 2002-2007 dikepalai oleh Bapak Dr. Yuyu Yuhana, M.Si. dengan Sekretaris Program Studinya yaitu Bapak Yayat Ruhiyat, M.Si. pada tahun 2002-2004, Bapak Anwar Mutaqin, M.Si. pada tahun 2004-2006, dan Ibu Hepsi Nindiasari, M.Pd. pada tahun 2006-2007. Periode Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untirta selanjutnya dikepalai oleh Ibu Dr. Hepsi Nindiasari, M.Pd. pada tahun 2007-2009. Pada tahun 2009-2012 periode Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untirta dikepalai oleh Bapak Dr. Sukirwan, M.Pd. Ibu Dr. Nurul Anriani, M.Pd. merupakan Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untirta pada periode tahun 2012-2014 dengan Bapak Maman Faturrohman, M.Pd. selaku Sekretaris Program Studinya. Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untirta berlanjut dikepalai oleh Bapak Maman Fathurrohman, M.Pd. pada tahun 2014-2016 dengan Ibu Dr. Heni Pujiastuti, M.Pd. sebagai Sekretaris Program Studinya. Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untirta berlanjut dikepalai oleh Ibu Dr. Heni Pujiastuti, M.Pd. pada periode tahun 2016-2020 dengan Sekretaris Program Studinya yaitu Ibu Yani Setiani, M.Pd. Selanjutnya pada tahun 2020-2024 Ketua Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Untirta dikepalai oleh Bapak Dr. Cecep Anwar Hadi F.S., M.Si dengan Sekretaris Jurusannya yaitu Dr. Novaliyosi, M.Pd. Saat ini Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Untirta dikepalai oleh Ibu Hepsi Nindiasari, M.Pd. selaku Ketua Jurusan periode tahun 2024-2028 dengan Bapak Fakhrudin, M.Pd. selaku Sekretaris Jurusan.

Dalam proses akreditasi, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untirta terakreditasi “B” pada tahun 2008. Pada akreditasi selanjutnya di tahun 2013, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untirta terakreditasi “B”. Pada tahun 2018 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untirta memperoleh akreditasi “A”. Saat ini Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Untirta telah tersertifikasi dengan akreditasi “Unggul” berdasarkan Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) No. 744/SK/LAMDIK/Ak/S/XI/2022. Jurusan Pendidikan Matematika juga telah masuk ke dalam akreditasi “ASEAN University Network (AUN-QA)” berdasarkan keputusan dengan nomor AP989UNITIRTAMAR23. Dengan berhasilnya meraih sertifikat AUN-QA, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untirta dapat mengukuhkan komitmen terhadap kualitas pendidikan matematika yang unggul. terus berinovasi, dan terus berkembang untuk masa depan yang lebih cemerlang.

Jurusan Pendidikan Matematika memiliki beberapa jurnal ilmiah diantaranya yaitu, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM) yang terakreditasi Sinta 4, Jurnal Wilangan, dan Jurnal TIRTAMATH yang terakreditasi Sinta 5. Beberapa dosen di Jurusan Pendidikan Matematika telah menerima hibah penelitian serta pengabdian nasional dan internasional. Jurusan Pendidikan Matematika pun telah memiliki hak cipta dosen atas beberapa e-modul interaktif dan buku ajar. Selain itu, terdapat karya dosen dari Jurusan Pendidikan Matematika yang telah dipatenkan yaitu karya Borad Game Kabirab oleh Bapak Prof. Maman Fathurrohman, M.Pd., Ibu Dr. Hepsi Nindiasari, M.Pd., dan Dra. Ilmiyati Rahayu, M.Si.

Pendidikan Matematika berkiprah dalam menyelenggarakan pembelajaran secara profesional untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, khususnya dalam bidang pendidikan dan pembelajaran matematika dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kualitas proses pendidikan yang dilakukan di Jurusan Pendidikan Matematika terus ditingkatkan agar dapat mencapai Visi yang dirancangkan, yakni, “Menghasilkan calon pendidik di bidang Pendidikan Matematika yang unggul, berkarakter dan berdaya saing di Kawasan ASEAN tahun 2030” sehingga dapat menghasilkan lulusan Program Studi Pendidikan Matematika yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing di Kawasan ASEAN.